Isuzu Panther Saingan Kuat Spin

Saingan Spin mungkin cuma Panther

Spin otomatis tak punya saingan jika produk Chevrolet ini memasarkan tipe mesin diesel. Sekalipun ada dan dipaksakan, paling hanya ada Isuzu Panther yang bahkan harganya cuma mendekati saja.
Chevrolet Spin seperti pada brosur yang sampai ke meja redaksi menelurkan total 7 varian dengan harga start Rp 139.700.000 untuk tipe varian 1.2 LS M/T atau transmisi manual. Namun, tipe mesin dieselnya dihargai Rp 179.700.000 untuk Chevrolet Spin 1.3 LT M/T, sedangkan tipe termahalnya, Chevrolet Spin 1.3 LTZ M/T , dibanderol Rp 189.700.000.

Isuzu Panther
Isuzu Panther

Spin
Spin
Sementara itu, Isuzu Panther hadir dengan 8 varian dengan harga termurah untuk tipe SMART - J yang dibanderol Rp 216.000.000. Sedang termahal varian GRAND TOURING J yang dipasarkan pada harga Rp 269.500.000.
Sebenarnya penjualan diesel justru masih digenggam Kijang Innova. Namun selisih harganya masih jauh, dengan varian termurah NEW Innova E M/T Diesel Rp 241.900.000.
"Selama ini belum ada MPV diesel di kelas ini (low-MPV). Kami ingin jadi semacam trensetter, selain juga kami punya pengalaman diesel di Captiva," ujar Marketing Director GM Indonesia Yuniadi Hartono membeberkan alasan mengapa Chevrolet melirik pasar diesel untuk MPV-nya ini.

Bicara kualitas, bicara nama besar, bicara pengalaman, barangkali tidak akan salah jika pasar akan lebih memilih Isuzu Panther. Namun melihat harganya yang bersisian dengan selisih sekitar Rp 27 juta walau dengan perbandingan pilihan yang timpang (Spin termahal vs Isuzu termurah) dan beda segmen maka bisa saja terjadi sedot pasar.

Dengan kata lain, ada kemungkinan pasar Isuzu akan tergerus. Salah satu indikasinya, Spin bisa bikin pasar kepincut dan penasaran untuk memutuskan pindah haluan memilihnya ketimbang Panther. Apalagi jika melihat pertimbangan harga pasar biasanya suka latah dan ingin coba-coba yang baru.

On